Macam-Macam Ikan Hias Air Tawar yang Indah Untuk Dipelihara

01/27/2018

Ikan hias air tawar merupakan ikan yang indah untuk dipelihara di akuarium atau balong di rumah. Kebanyakan ikan jenis ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, namun karena bentuknya yang indah membuat harga jual ikan ini menjadi lebih mahal dari ikan biasanya. Harga ikan jenis ini juga dihitung per ekor, bukan perkilo.

Baiklah, untuk mempersingkat waktu mari kita membahas macam-macam ikan hias air tawar yang sering dipelihara oleh orang karena bentuknya yang indah.

  • Ikan Arwana

Ikan ini merupakan salah satu ikan hias yang masih populer hingga sekarang. Ikan ini memiliki warna yang sangat indah sehingga banyak orang yang ingin memeliharanya. Harga ikan arwana ini berkisar antara Rp 100 ribu untuk ukuran kecil dan hingga puluhan juta untuk ukuran dewasa dan memiliki warna indah yang mencolok.

  • Ikan Oscar

Ikan Oscar merupakan ikan hias akuarium berikutnya yang memiliki bentuk yang indah. Ikan jenis albino Oscar memiliki warna cerah yang akan membuat siapapun tertarik untuk melihatnya.

  • Ikan mas koki

Ikan ini sangat sering sekali kita jumpai di akuarium atau balong. Bentuk tubuhnya yan ggemuk dan imut serta rumbai buntut dan siripnya membuat daya tarik tersendiri.

  • Ikan lohan

Ikan lohan sempat menjadi booming di Indonesia. Harganya sangat fantastis hingga menyamai harga ikan arwana. Bentuk jenong pada kepalanya membuatnya terlihat berbeda dari ikan lainnya.

  • Ikan cupang

Ikan cupang sering digunakan sebagai ikan aduan. Namun dibalik semua itu ikan cupang sebanarnya merupakan ikan hias yang memiliki warna dan bentuk sirip dan buntuk yang terumbai sehingga membuatnya sangat indah. Jenis ikan cupang yang terkenal indah adalah jenis ikan cupang serit.